;

Cara Mentransfer Kontak pada Ponsel Smartphone

Situs GigaOM memperkirakan bahwa orang mengganti ponsel mereka setiap 18 sampai 24 bulan, tapi hanya bisa melakukan secara manual pengisian nomor-nomor kontak setiap kali. Hal ini tentu membosankan dan memakan waktu. Jika Anda telah melakukan sinkronisasi smartphone dan perangkat lain ke account seperti Microsoft Exchange Server, Anda bisa santai: kontak Anda akan bermigrasi ke telepon baru Anda saat Anda terhubung. Pilihan lain, jika kedua ponsel memiliki perangkat keras yang cocok, dengan menggunakan kartu SIM ponsel lama Anda akan mudah mentransfer kontak. Beberapa vendor ponsel juga menawarkan perangkat lunak transfer, misalnya aplikasi Asisten Backup Verizon, tetapi jika Anda tidak memiliki aplikasi ini, Anda masih memiliki alternatif dengan mengetik setiap nama dan nomor tunggal.

Langkah-langkah

Untuk IOS1. Download iTunes jika komputer Anda belum memilikinya. Klik untuk membuka program.
2. Hubungkan iPhone lama Anda ke kabel USB, kemudian hubungkan kabel ke komputer. Setelah iTunes merespon kehadiran telepon, Anda akan melihat tab "Device" di sisi kiri jendela iTunes, dengan telepon Anda meresponnya.
3. Klik simbol ponsel Anda, kemudian klik pada tab "Info" yang muncul di bagian atas jendela. Untuk Windows, klik "Sync Contacts with"; pada Mac, klik "Sync Address Book Contacts." Cara ini akan mentransfer kontak ke buku alamat komputer.
4. Lepaskan ponsel lama Anda dari komputer, dan pasang iPhone baru Anda ke kabel USB. Klik simbol ponsel Anda di iTunes, kemudian klik "Apply" di sudut kanan bawah untuk melakukan sinkronisasi kontak yang baru ditransfer ke komputer Anda dengan iPhone baru Anda.

Untuk Android
1. Buat akun Gmail, jika Anda belum memilikinya. Ponsel Android biasanya memiliki sebuah aplikasi Gmail yang sudah terinstal, jadi diperlukan setup. Jika smartphone Anda tidak memiliki opsi itu, gunakan browser untuk membuat account di Gmail.com.
2. Klik pada ikon aplikasi untuk membuka Gmail, kemudian sign in. Gmail secara otomatis akan mengimpor semua informasi daftar kontak ke ponsel Anda.
3. Aktifkan telepon Android baru Anda dan login ke Gmail, yang secara otomatis menyinkronkan daftar kontak akun email Anda dengan smartphone baru Anda. Ini akan terus disinkronkan untuk memperbarui setiap perubahan yang dibuat pada daftar kontak Anda di kemudian hari.

Untuk BlackBerry
1. Download dan instal BlackBerry Desktop Software gratis di komputer Anda. Hubungkan BlackBerry Anda ke komputer melalui kabel USB.
2. Buka BlackBerry Desktop Software dan klik ganda "Backup dan Restore." Perangkat lunak ini akan membuat cadangan kontak dalam ponsel Anda ke komputer Anda. BlackBerry menyediakan dua versi, Windows dan Mac untuk perangkat lunaknya.
3. Putuskan telepon lama Anda dan hubungkan perangkat BlackBerry baru Anda. Gunakan "Backup and Restore" untuk mentransfer data kontak Anda dari komputer ke telepon baru Anda.

Untuk WebOS
1. BukaVirtual Business Card ponsel anda. Tekan tombol hijau "CelleBrite Ekspor" dan ikuti petunjuk untuk ekspor file.
2. Hubungkan smartphone Anda ke komputer dengan kabel USB. Klik "USB Drive Notification" pada ponsel untuk mengakses drive.
3. Atur File Manager komputer Anda untuk menampilkan file dan folder tersembunyi. Buka folder "Temp" ponsel Anda. Cari file yang bernama "PmMigration.vcf" dan salin file ke komputer Anda.
4. Buat akun Yahoo jika Anda tidak memilikinya. Gunakan alat Kontak Impor Yahoo untuk mentransfer file kontak VCF ke Yahoo, ikuti instruksi website.
5. Buka "Account" pada aplikasi "HP Sinergy" telepon baru Anda. Tekan "Add Account" dan kirim untuk menambahkan account Yahoo Anda. HP Synergy kemudian akan menambahkan data kontak ke smartphone Anda.

Windows Phone OS7
1. Lepaskan penutup baterai di bagian belakang ponsel lama Anda dan cari kartu SIM. Jika Anda tidak yakin seperti apa, Microsoft memiliki gambar online dari kartu (lihat "Microsoft: Import Contacts From My Old Phone" di sumber). Jika ponsel lama Anda memiliki kartu, pertukarkan itu bersama kartu SIM dengan smartphone baru Anda.
2. Tekan "Start" pada ponsel Anda, kemudian tekan "People." Tekan "More", "Setting" dan "Impor SIM Contact." Ikuti petunjuk untuk mentransfer kontak Anda.
3. Keluarkan kartu SIM lama setelah Anda mentransfer data ke telepon baru Anda, dan ganti dengan kartu SIM baru.

Catatan:
Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil Anda lakukan, berarti tipe ponsel Anda tidak mendukung. Untuk mengatasinya, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak produsen ponsel Anda. Atau coba "tanya ke" Mr. Google.

Entri Populer